Nama-Nama Surga

0
87
Nama-Nama Surga

Allah Swt telah menyiapkan tempat-tempat bagi hamba-hamba-Nya yang selalu taat dan ingkar terhadap perintah-Nya. Bagi mereka yang taat dan beriman kepada-Nya Allah siapkan surga baginya, dan bagi mereka yang ingkar dan durhaka maka Allah telh menyiapkan neraka bagi-Nya. Adanya surga dan neraka sebagai bentuk balasan atas amalan manusia ketika di dunia, apakah ia akan menjadi ahli surga atau neraka maka ditentukan bagaimana amalnya.

Bagi mereka yang selalu taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya maka Allah Swt menyiapkan surga dengan nama dan tingkatan yang berbeda tergantung dari amalnya masing-masing. Diantara nama-nama surga yang Allah persiapkan untuk orang yang beriman yaitu:

  1. Surga Firdaus, yaitu surga yang Allah Swt janjikan bagi mereka senantiasa memelihara amanah, selalu menunaikan zakat, menjaga kemaluannya dari berbuat zina, menghindarkan diri dari perbuatan yang sia-sia, dan mereka yang menjaga salatnya dengan khusyu dan awal waktu, maka ganjaran bagi mereka adalh surga Firdaus. Hal ini ada dalam QS AL-Kahfi ayat 107.
  2. Surga ‘Adn, yaitu surga yang yang disediakan bagi mereka yang bertakwa, iman kepada Allah dengan sebenar-benarnya iman, berbuat baik, sabar, serta mereka yang dapat membalas perbuatan jahat dengan kebaikan. Banyak yang menjelaskan tentang ini diantaranya dalam QS An-nahl:30-31, Thaha:75-76 dan Ar-Ra’ad:22-23.
  3. Surga Naim, yaitu surga yang dikhususkan bagi mereka yang benar-benar dalam ketakwaannya, menghindari dari perbuatan yang dilarang Allah, memperbanyak amal yang saleh baik hablumminannas dan hablumminallah.
  4. Surga Ma’wa, yaitu surga yang diperuntukan bagi mereka yang beramal saleh, takwa kepada Allah, dapat menahan hawa nafsunya yang jelek, serta mereka yang dalam dirinya ada rasa takut kepada Allah. Takut akan ibadah yang tidak diterima, takut akan siksa Allah dan takut akan kebesaran Allah, sehingga membuatnya menjadi hamba yang iman dan bertakwa.
  5. Surga Darussalam yaitu surga Allah bagi mereka yanh mempunyai keiimanan dan keislaman yang kuat terhadap segala godaan, meneladani ayat-ayat Allah dan beramal dengan kebaikan. Hal ini tertuang dalam QS. Al-An’am:127.
  6. Surga Darul Muqamah, yaitu surga bagi mereka yang senantiasa bersyukur kepada Allah. syukur atas apa yang dimiliki dan tidak pernah sedikit pun mengeluh atas apa yang ditakdirkan oleh Allah. hal ini terdapat dalam QS. Fathir:35.
  7. Surga Muqamul amin, yaitu surga bagi mereka yang bertakwa kepada Allah. QS Ad-Dukhan:51
  8. Surga Khuldi, yaitu surga bagi mereka yang senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. QS. Al-Furqaan:15.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here