a

 

 

Setiap Insan (Manusia) tentunya menghendaki adanya keharmonisan dalam rumah tangga. Setiap pasangan selalu mendambakan akan masa indah yang selalu terlewati, akan tetapi sedikit yang memahami arti kehidupan sebenarnya apalagi kehidupan itu setelah kita menikah. Tatkala badai cobaan rumah tangga menghadang cuma sebagian kecil yang bisa melewatinya. Di saat sang buah hati lahir tidak sedikit yang mengabaikannya, dan itulah yang terjadi saat ini. Jadi, akankah ada penghuni syurga di rumah kita..???

Untuk mendapatkan penghuni syurga di rumah kita, ada beberapa kuncinya, yaitu :

1.     Berilmu

Menurut Imam Syafi’i “siapa yang menginginkan dunia maka hendaklah ia berilmu dan siapa yang menginginkan akhirat maka hendaklah pula ia berilmu”. Jadi jika kita menginginkan sejahtera dunia dan akhirat maka hendaklah kita berilmu, kita menginginkan agar rumah tangga kita dalam keadaan sakinah, mawadah warohmah, ya kita belajar dari beberapa sumber bagaiman menciptakan keluarga harmonis itu, dan belajar disini termasuk mencari ilmunya.

2.    Selalu Berpikiran Positif

Jika dalam keseharian kita selalu berfikir positif maka apa yang kita lakukan adalah amalan yang baik, dan secara tidak sengaja kita telah merubah pola pikir kita menjadi yang bersifat baik dan akan menghilangkan keras hati. Maka apabila kita selalu berpikir positif kecil kemungkinan kita cekcok dengan pasangan kita dan kita akan menjadi sosok yang baik bagi anak-anak kita.

3.    Bersyukur

Alloh SWT berfirman dan Al-Qur’an Al-Baqarah ayat 152 :

Artinya : ”karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu[98], dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku”.

 

Kita selaku hamba Alloh SWT yang telah diberi berlimpah nikmat maka hendaknya kita bersyukur atas nikmat itu. Dan di rumah kita ada sosok pasangan dan anak-anak kita, maka sudah sepantasnya kita banyak bersyukur atas limpahan rezeki darinya karena kita termasuk orang yang beruntung karena mendapatkan pasangan yang dapat menerima keadaan kita.

4.    Bertawakal

Bertawakal mempunyai arti berserah diri sepenuhnya kepada sang pencipta, bukan berarti kita berdiam diri dan membiarkan keadaan apa adanya. Akan tetapi, kita serahkan hasil akhir dari usaha kita kepada Alloh SWT. Karena atas kuasanya apapun bisa terjadi.

5.    Berdo’a

Alloh SWT berfirman dan Al-Qur’an Al-Baqarah ayat 186 :

Artinya : “dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

 

Tak lupa kita sebagai hamba yang lemah, tak berdaya apabila tak ada kuasanya. Maka hendaklah kita selalu berdo’a dan memohon yang terbaik bagi keluarga kita.

Apabila semua kunci ini terdapat dalam diri kita, maka Ingsa Alloh di rumah kita akan ada sosok penghuni syurga yaitu keluarga kecil kita yang bertaqwa.  Amin…

Kategori: Agama