Dahsyatnya Al-Fatihah

Dipublikasikan pada Sep 8 2013 - 10:40am Oleh Dimas7
Bagikan ini.

Al Fatihah Surat Super. Bukan berarti super seperti Superman tapi yang di maksud adalah super adalah surat yang menyimpan fadhilah dan keistimewaan. Karena itu tak heran sekali bahwa Al Fatihah tergolong surat yang super. Al Fatihah juga super dalam namaNya karena Al Fatihah mempunyai kurang lebih sebanyak 35 hanya Allah yang tahu, namun kebanyakan orang tidak mengetahui nama nama itu, disini mari kita sedikit cari tahu nama nama Al Fatihah itu.

Nama yang pertama adalah; Fatihatul Kitab dan Fatihatul Qur’an.

Semua orang pasti tahu Al fatihah adalah surat pertama dalam Al Qur’an (dalam susunan mushaf Utsmani) meskipun Al Fatihah bukanlah surat pertama berdasarkan diturunkannya (Nuzul-Nya). Akan tetapi Al Fatihahadalah surat yang di turunkan secara lengkap, secara utuh tanpa di potong potong, di turunkan langsung 7 ayat 25 kata dan 113 huruf. Al Fatihah tergolong surat yang mulia karena belum pernah di turunkan pada kitab kitab sebelumnya (Injil Ataupun Zabur). Dan dengan surat ini pula Allah memuliakan umat Islam.

Nama yang kedua adalah; Ummul Kitab atau Ummul Qur’an.

Al Fatihah sebagai induk Al Qur’an itu adalah artinya. Dinamakan demikian karena makna makan Al Qur’an merujuk pada makna yang di kandung dalam surat Al Fatihah. Sebagaimana pendapat Az-Zamakhsyari yang mengatakan bahwa dinamakan Ummul Qur’an karena mencakup seluruh makna makna yang terdapat dalam Al Qur’an, mulai dari pujian kepada Allah SWt, menghamba kepadanya dengan menunaikan perintah dan menjauhi larangan-Nya, serta adanya janji dan ancamandari Allah SWT. Aa juga yang berpendapat, disebut demikian karena seluruh makna Al Qur’an kembali kepada apa yang di kandungnya, seperti ketuhanan, alam, akhirat, ibadah dan sejarah.

Nama yang ketiga adalah; Asy-Syifa

Yang mempunyai arti ‘Penawar’ atau ‘Obat’. Rasulullah saw bersabda “Dalam Al Fatihah terdapat penawar dari segala jenis penyakit”. Dalam riwayat lain “Al Fatihah adalah penawar dari segala jenis penyakit”. Oleh karena itu, para ulama sepakat bawha Al Qur’an termasuk Al Fatihah merupkan obat. Al Fatihah atau Asy-Syifa banyak yang berpendapat bahwa dapat mengobati penyakit jasmani maupun rohani. Sesuai dengan firman Allah Q.S 17 ayat 82; “Dan kami turunkan daro Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang orang yang zalim selain kerugian”.

itulah segelintir nama nama Al Qur’an yang belum semua kita ketahui semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Allahuakbar!

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Leave A Response