AKHLAK TERPUJI REMAJA

Dipublikasikan pada Oct 30 2013 - 2:56pm Oleh Nay
ahlak renaja
Bagikan ini.

ahlak renaja

Masa remaja merupakan masa yang sangat menyenangkan. Kejadian tersebut hanya berlaku satu kali dalam setiap kehidupan manusia. usia remaja adalah usia antara anak-anak dan dewasa. Masa remaja disebut juga dengan masa pubertas karena pada masa ini lah ketertarikan terhadap lawan jenis muncul. Ciri remaja yang sudah dewasa bagi remaja laki-laki misalnya adalah tumbuhnya rambut di bagian-bagian tertentu. Ciri remaja putri yang sudah dewasa misalnya adalah tumbuhnya rambut di bagian-bagian tertentu dan mengalami menstruasi. Dalam Islam pergaulan dalam remaja tidaklah dilarang, justru Islam mengajarkan untuk tetap menjalin silaturahmi dan bergaul, namun tentunya harus sesuai dengan ajaran atau norma yang berlaku.

Remaja masa kini identik dengan hal yang negatif, hal tersebut terjadi mungkin dikarenakan dampak dari teknologi canggih seperti internet dan televisi yang sudah menyebar bahkan sampai ke pedesaan. Remaja adalah generasi penerus yang akan memimpin bangsa suatu saat nanti. Jadi sudah seharusnya para remaja mendapatkan arahan dan bimbingan yang baik dari orang tua, sekolah ataupun masyarakat supaya para remaja memiliki akhlak yang terpuji yang merupakan bekal bagi mereka di masa yang akan datang.

Contoh dari akhlak terpuji:

  1. Menghindari perilaku maksiat. Mereka selalu ingin mencoba berbagai hal. Termasuk dalam hal negatif. Remaja rentan dengan perilaku negatif. Islam menganjurkan bergaul seluas-luasnya dengan siapapun tanpa memandang ras dan perbedaan agama, namun pergaulan tersebut tidak boleh menjurus pada hal yang berbau maksiat. Maksiat sangat dilarang oleh Allah karena dapat menimbulkan kerugian di dunia dan di akhirat.
  2. Menjaga norma agama dan norma sosial. Hidup tanpa aturan akan menjadi kacau. Untuk menghindari hal tersebut, seorang remaja haruslah menjaga norma yang berlaku dalam masyarakat.
  3. Selalu menjaga aurat dan tidak mengumbar syahwat. Seorang muslim wajib menutup aurat terutama perempuan. Boleh-boleh saja berbusana mengikuti trend tetapi tetap harus sesuai dengan syariat agama.
  4. Tidak mengumbar nafsu.
  5. Selalu mendekatkan diri kepada Allah swt. Dengan mendekatkan diri kepada Allah, mereka akan selalu merasa dilihat oleh Allah. maka seorang remaja akan dapat menjaga sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

1 Comment so far. Feel free to join this conversation.

  1. peyek March 7, 2014 at 12:04 - Reply

    contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja di sekolah

Leave A Response