Allah Swt telah menyiapkan surga bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dan menyiapkan neraka bagi hamba-hamba-Nya yang membangkang akan perintah-Nya. Macam-macam neraka yang Allah Swt telah persiapkan bagi manusia-manusia yang berdosa di jelaskan dalam Al-Qur’an tentang tingkatan dan siapa saja yang menjadi penghuninya. Nama-nama neraka yang terdapat dalam Al-Qur’an tersebut diantaranya:

  1. Neraka Hawiyah, yaitu neraka yang dipersiapkan bagi mereka yang mengerjakan kebaikan sekaligus juga amal keburukan, dan amal keburukannya lebih banyak dari amal kebaikannya. Seperti wanita yang salat tetapi dia juga tidak menutup auratnya, lelaki yang memakai sutra dan emas padahal dia tahu larangan dari perbuatan tersebut, orang yang memakan riba dan yang lainnya.
  2. Neraka Jahim, yaitu neraka tempat menyiksa orang-orang yang menyekutukan Allah Swt (musyrik). Mereka akan disiksa dengan apa yang mereka sembah dahulu ketika di dunia. jika mereka menyembah patung maka patung tersebut yang akan menyiksanya dan jika ia menyembah pohon atau binatang maka binatang tersebut yang akan menyiksanya. Syirik termasuk dosa besar karena ia menganggap ada tuhan lain selain Allah.
  3. Neraka Saqar, yaitu neraka tempat menyiksa orang-orang yang munafik, yang antara ucapan lidah dan hatinya berbeda. Ketika di depan ia seolah-olah orang yang beriman tetapi tatkala dibelakang justru ialah yang ingin menghancurkan Islam.
  4. Neraka Lazza, yaitu neraka yang dengan panas apinya membuat kulit kepala  penghuninya mengelupas. Tentang neraka ini ada dalam QS. Al-Ma’aarij ayat 15-16. “Sekali-kali tidak dapat, Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak, yang mengelupas kulit kepala”.
  5. Neraka Huthamah, yaitu neraka yang disediakan untuk orang yang banyak mengumpulkan harta dan serakah, tetapi mereka tidak mau bersedekah dan berzakat. Mereka amat benci kepada orang miskin yang meminta bantuan kepadanya karena sifat kikirnya. Dalam neraka huthamah ini harta-harta yang mereka kumpulkan dan menjadi kebanggaan mereka akan dibakar dan diminumkan sebagai siksa.
  6. Neraka Sair, yaitu neraka yang disediakan bagi orang-orang kafir dan mereka yang suka memakan harta anak yatim. Artian kafir tidak hanya mereka yang non muslim tetapi juga mereka yang mengaku bergama Islam tetapi tidak mau menjalankan perintah agama Islam, seperti salat, puasa, zakat dan yang lainnya.
  7. Neraka Wail, yaitu neraka yang disediakann bagi mereka para pedagang dan pengusaha yang berbuat curang dengan dagangan mereka. Mengurangi timbangan, menutupi/menyembunyikan kejelekan barang dan hal lainnya, demi mendapat keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperdulikan mereka yang telah ditipunya.
  8. Neraka Jahanam, yaitu neraka yang paling dalam, paling dalam, dan paling berat siksaannya. Mereka yang di dalam neraka ini kekal di dalamnya. (QS An-Nisa:169).

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Kategori: Agama