Al-Qur’an adalah kitab suci terakhir yang diturunkan juga kepada nabi terakhir yang di dalamnya terdapat petunjuk dan pedoman hidup dalam menggapai rahmat dan ridha-Nya. Nama Al-Qur’an terdapat dalam isi Al-Qur’an sendiri, namun ada pula nama lain dalam menyebut Al-Qur’an.  Diantara nama-nama tersebut adalah:

  1. Al-Furqan. Artinya pembeda antara kebenaran dan kesalahan. Pembeda antara yang hak dan yang batil. Firman Allah Swt, “Mahasuci Allah yang telah menurunkan Furqaan (Al Qur’an) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia).” (QS. Al-Furqaan:1).
  2. Al-Kitaab. Kata al-kitab ini merupakan kata umum dan sinonim dari Al-Qur’an. “Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah:2).
  3. Asy-Syifa’. Disebut Asy-Syifa karena dalam Al-Qur’an terdapat keistimewaan untuk mengobati berbagai macam penyakit baik yang bersifat lahir maupun batin.“Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”. (QS. Yunus:57).
  4. Az-Zikr, yaitu pengingat maksudnya Al-Qur’an memiliki fungsi sebagai pemberi peringatan. Karena di dalamnya terdapat peringatan dari Allah kepada hamba-Nya agar senantiasa menjadi hamba yang beriman dan bertakwa.
  5. Al-Hikmah, Maksudnya dalam Al-Qur’an terdaat segala hikmah dan kebijaksanaan. Sebagai firman Allah Swt dalam QS. Al-Isra:39, “Itulah sebagian Hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. dan janganlah kamu Mengadakan Tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam Keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah”).
  6. Al-Huda, artinya petunjuk, yakni salah satu fungsi Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman bagi manusia untuk mencapai dan meraih ridha-Nya. Firman Allah Swt, “Dan sesungguhnya ketika kami (jin) mendengar petunjuk (Al Qur’an), kami beriman kepadanya. Maka barangsiapa beriman kepadaTuhan maka tidak perlu ia takut rugi atau berdosa.” (QS.Al-Jin:13).

Al-Bayan. Maksud dari Al-bayan yaitu sebgai penjelas akan sesuatu yang masih samar, penerag akan jalan yang lurus dan menjadi petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Firman Allah Swt, “(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa”. (QS. Ali-Imran:138)