Setiap orang menginginkan sosok istri yang cantik, kaya raya, dari keturunan baik-baik dan juga merupakan wanita shalihah. Karena hal itu adalah tipe dari wanita-wanita idaman para pria. Namun dari semua tipe itu Rasulullah Saw mengkhususkan bahwa tipe wanita yang paling utama adalah wanita-wanita yang taat akan agamanya, senantiasa menjalankan perintah agama dan menjauhi larangannya.

Ia pun sosok wanita penyayang tidak hanya kepada suaminya, namun juga kepada anak-anaknya. Sehingga sosok wanita yang taat akan agama adalah sosok wanita idaman. Firman Allah Swt, “Sebab itu Maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)”. (QS. An-Nisa:34)

Pilihan agama dalam memilih calon istri tidak berarti menafikan akan kecantikan, kekayaan dan keturunan dari calon istri. Disini maksudnya kita jangan terlalu mengutamakan akan kecantikan, karena yang namanya kecantikan akan pudar seiring berjalannya waktu. Juga jangan terlalu fokus kepada harta, karena harta hanya titipan dan bersifat sementara.

Dalam hartapun tidak sepenuhnya milik kita karena di dalamnya ada hak orang lain yang berhak menerimanya. Begitupun dengan keturunan tidak menjadikan pilihan utama dalam memilih calon pasangan. Karena dalam keturunan tidak menjadikan pastinya akan sifat dan karakter sama dengan orang tuanya. Namun sebatas kepada calon terbaik yang berasal dari orang-orang yang baik.

Dari sahabat Abdullah bin ‘Amr, ia mengatakan, “Janganlah menikahi wanita karena kecantikannya, karena bisa jadi kecantikannya itu akan memburukannya, dan jangan menikahi wanita karena hartanya, bisa jadi hartanya membuatnya melampui batas. Tetapi nikahilah wanita atas perkara agamanya. Sungguh hamba sahaya wanita yang sebagian hidungnya terpotong lagi berkulit hitam tapi taat agama adalah lebih baik”. (HR. Ibnu Majah). Dari hadits di atas dapat disimpulkan bahwa pentingnya memilih calon pasangan berdasarkan kepada agama adalah paling utama karena hal itu akan membawa kepada kebaikan.

Jadi sosok wanita yang taat akan agama walaupun secara fisik ia tidak terlalu cantik atau kaya raya, tetapi dengan ketaatan kepada agama dan keimanannya menjadikan dia berbeda dengan yang lainnya. Bahkan dialah sosok wanita utama bagi setiap muslim yang bertakwa.
Wallahu ‘Alam