Kesehatan adalah sesuatu yang amat maha, sehingga banyak orang mencarinya, baik cara yang modern dengan alat-alat yang canggih maupun cara tradisional dengan ramuan-ramuan alami, atau cara yang mahal maupun murah meriah. Semua cara yang dicapai demi kesehatan yang menjadi faktor penting dalam beraktifitas. Karena dengan adanya sehat segala aktifitas bisa kita lakukan dengan maksimal, berbeda jika dalam keadaan sakit maka hal yang kecil pun akan susah untuk dilakukan. Ketika banyak orang Islam mencari kesehatan, jauh hari sebelumnya Rasulullah Saw telah mengajarkan hidup kepada kita bagaimana kebiasaan hidup yang sehat.

Diantara perbuatan-perbuatan yang menjadi cara Nabi Muhammad Saw menjadi sehat adalah :

  1. Nabi Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Ketika perut terus diisi dengan makan tanpa adanya jeda untuk berhenti, maka kerja-kerja organ perut terus terbebani. Jika hal ini terus terjadi maka kerja perut pun semakin tidak terkontrol yang akibatnya kerja lambung menjadi sulit. Ternyata gaya Nabi jaman dahulu terbukti sekarang bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Makan dengan tangan kanan. Dalam penelitian modern ternyata makan dengan kanan memiliki kelebihan dibandingkan makan melalui perantara sendok atau garpu. Dalam ujung jari tangan kanan mengahasilkan enzim-enzim yang dapat melemahkan bakteri yang masuk beserta makanan. Selain itu makan dengan tangan kanan akan mengaktifkan otak kiri yang bersifat teratur dan berpikir. Namun jika makan dengan tangan kiri maka otak yang aktif adalah otak kanan yang bersifat imajinatif dan acak sehingga tidak cocok ketika makan.
  3. Minum sambil duduk. Ketika kita minum sambil berdiri maka ada ada katup yang belum siap menerima tekanan air. Selain itu dengan minum berdiri air akan langsung masuk ke lambung yang menyebabkan lambung tidak siap menerimanya. Hal ini berbeda ketika minum sambil duduk yang biasa dilakukan Rasulullah Saw, dengan duduk ada atup yang terbuka dan siap menerima air, dan air yang masuk pun tidak langsung ke lambung.
  4. Sering berpuasa. Bagi mereka yang sering berpuasa memberikan waktu istirahat bagi organ pencernaan yang terus bekerja. Bagi orang yang sering berpuasa maka akan mudah mengontrol kesehatannya, lebih segar dan sehat.  Karena dengan berpuasa ia mampu menahan diri dan jiwanya.
  5. Tidur dan bangun lebih awal. Nabi Muhammad Saw terbiasa tidur di awal waktu setelah ibadah salat isya sekitar pukul 21.00. Kemudian sudah bangun lagi disepertiga malam terakhir untuk melaksanakan salat sunah malam hari. Hal ini tentunya membuat kesehatan beliau terjaga karena tidak terlalu banyak tidur atau tidur yang kurang karena banyak bergadang.