Sebagaimana para penghuni surga para penghuni neraka juga merasakan rasa lapar dan haus yang membuat mereka meminta makanan dan minuman ditengah siksaan yang mereka terima. Namun sebagaimana siksaannya, makanan dan minumannya pun berupa siksa. Jika mereka memakannya maka bukanlah mengenyangkan perut mereka tetapi menambah rasa lapar bahkan membuat hancurnya perut mereka. Juga dikala mereka minum, minumannya tidak pernah menghilangkan rasa hausnya tetapi makin menambah rasa haus, ditambah lagi semua yang mereka makan dan minum adalah makan dan minuman yang sangat menjijikan dan mengerikan.

Allah Swt memberikan makan kepada penduduk neraka berupa dhar’i, yaitu sejenis pohon yang berduri yang rendah, ia tumbuh di dalam neraka dalam api yang sangat panas. Salah satu ulama Imam Qatadah berkata bahwa makanan tersebut merupakan salah satu jenis dari makanan neraka yang paling buruk. Firman Allah Swt,”Mereka tidak memperoleh makanan selain dari dhari’ (pohon yang berduri), yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” (QS. Al-Ghassiyah: 6-7).

Selain itu juga ada makanan berupa buah zaqqum, yang tumbuh dari dasar neraka, buahnya mirip dengan kepala iblis, yang jika memakannya membuat tersangkut kerongkongannya hingga tak bisa bernafas. Allah berfirman, “Sesungguhnya pohon zaqqum itu makanan orang yang banyak berdosa, ia seperti kotoran minyak yang mendidih dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas.” (QS. Ad-Dukhan; 43-46). Karena makanan yang mereka makan berasal dari dalam neraka maka makanan ini pun adalah bentuk siksa dan adzab dari Allah Swt kepada mereka.

Sedangkan minuman-minuman yang mereka minum yaitu  serta minumannya bernama ghislin, yaitu minuman dari darah dan nanah. (QS. Al-haqqah:35-37). Minuman ini tentunya hanya bagi mereka yang berdosa dan maksiat. Selain itu mereka juga mendapat minuman bernama hamim, yang Allah menggambarkan dalam Al-Qur’an tentang minuman ini,”Dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya.” (QS. Muhammad: 15).  Dan ayat yang lainnya, “Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (QS. Al-Kahfi: 29).

Selain air yang sangat panas dan menghancurkan dalam neraka pun mereka mendapat air siksa yang sangat dingin yaitu ghassaq. Firman Allah Swt,”Ini adalah azab neraka, biarkanlah mereka merasakannya. Minuman mereka air yang sangat panas dan air yang sangat dingin (ghassaq). Dan azab yang lain serupa itu berbagai macam.” (QS. Shad: 57-58).

Naudzubillahimindzali

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci: