kiamat hari jumat

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan, di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan,” (HR. Muslim no. 854).

kiamat hari jumat

pada hadits ini jelas disebutkan bahwa kiamat hanya akan terjadi pada hari Jumat. Bagi umat Islam, Jumat adalah hari utama dalam seminggu. Juga pada hari jumat Adam diciptakan, pada hari itu juga ia dimasukkan ke dalam surga, juga pada hari jumat ia diusir dari surga.

Hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa hari Jumat jika dibandingkan hari-hari lain, Jumat adalah hari terbaik dalam seminggu . Sementara Arofah hari adalah hari terbaik dalam setahun.

Dalam hadits di atas tidak menyebutkan semua kebajikan Jumat. Mengenai sejarah nabi Adam dari surga dan Kebangkitan bukanlah teranggap kebajikan Jumat , tetapi mengatakan hal yang luar biasa akan terjadi nanti . Demikian penjelasan dari Al Qodhi Iyad .

Hadits tersebut menunjukkan bahwa seorang hamba pada hari Jumat harus mempersiapkan diri dengan berbagai amal saleh dalam rangka untuk memperoleh kasih dan karunia Allah dan mencegah dari murka Allah . Demikian pula , penjelasan dari Al Qodhi Iyad

Hari disegerakan sebagai pembalasan bagi para nabi , siddiqin , wali Allah dan orang lain , dan juga untuk mengungkapkan karomah kemuliaan mereka .

( Disarikan dari Syarh Muslim , Imam Nawawi , 6 : 142 )

Namun, tanggal yang tepat ketika kiamat tiba, tidak ada yang tahu . ” Manusia bertanya kepadamu tentang kiamat. Katakanlah : . ” Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah hanya di sisi Allah saja. ” Dan apakah kamu tahu (Muhammad ) , mungkin kiamat sudah dekat waktunya . ” ( QS. Al – Ahzab : 63 ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *