Syarat Wajib Shalat, Syarat Sah Shalat dan Rukun Shalat

18
93600

Shalat adalah ibadah yang terdiri atas ucapan dan gerakan yang dimulai dari takbiratul ihram sampai salam. Shalat merupakan tiang agama yang dapat mengokohkan keimanan kita terhadap Allah swt, menjauhkan dari perbuatan yang dilarang oleh aturan agama islam dan termasuk pada rukun islam yang kedua. Semua muslim di wajib melaksanakan shalat terutama shalat fardu yang 5 waktu tesebut, yaitu Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar, Shalat Maghrib dan yang terakhir yaitu Shalat Isya.  Shalat terdiri dari shalat wajib dan shalat sunnah. Ada beberapa persyaratan yang harus diketahui dan dijalani ketika akan melaksanakan shalat yaitu syarat wajib, syarat sah dan rukun shalat.

Syarat wajib shalat yaitu:

  1. Islam. Setiap orang yang beragama Islam diwajibkan untuk shalat tetapi bagi non muslim tidak diwajibkan shalat.
  2. Baligh/ mencapai usia dewasa. Bagi perempuan dikatakan baligh apabila telah keluar darah haid. Dan untuk laki-laki ketika berusia 15 tahun atau telah keluar sperma.
  3. Berakal. Bagi yang tidak berakal sehat tidak diwajibkan untuk shalat.
  4. Tidak dalam keadaan haid atau nifas.
  5. Telah sampai dakwah tentang shalat kepadanya.

Syarat sah shalat adalah:

  1. Suci dari hadas kecil dan hadas besar.
  2. Suci badan, pakaian dan tempat shalat dari berbagai macam najis.
  3. Menutup aurat. Aurat laki-laki yaitu antara pusar sampai lutut, sedangkan bagi perempuan semua anggota badan kecuali muka dan telapak tangan.
  4. Menghadap kiblat.
  5. Sudah masuk waktu shalat.

Sedangkan rukun shalat yaitu:

    1. niat

 

    2. Takbiratul ihram,

 

    3. berdiri Kepada orang yang mampu,

 

    4. membaca Al-fatihah

 

    5. ruku

 

    6. Thuma’ninah setelah ruku

 

    7. i’tidal

 

    8. Thuma’ninah stlh i’tidal

 

    9. Sujud 2x

 

    10. Tuma’ninah di dlm sjud.

 

    11. Dduk d antra 2 sujud.

 

    12. tuma’ninah di antra 2 sujud.

 

    13. Tasyahud akhir

 

    14. Duduk setelah tasyahud.

 

    15. Membaca shalawat

 

    16. membaca salam

 

    17. Tartib

 

    (sumber : Safinah)

Selain itu ada pula hal-hal yang dapat membatalkan shalat  wajib maupun shalat sunnah yang kita jalani, yaitu berbicara selain bacaan shalat, aurat terlihat, makan dan minum pada waktu shalat, tertawa terbahak-bahak dan meninggalkan salah satu rukun shalat.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

18 KOMENTAR

    • Wajib shalat itu di berikan pada bangsa jin dan manusia, Semasih berakal dan tidak dalam keadaan yudzur atau halangan.
      kalau hanya mendengar dan melihat, mungkin hewan dan mahluk Allah yang lain juga mungkin mempunyai hal tersebut, dan belum tentu di wajibkan untuk shalat.

  1. Asalamua’laikum ww\.w :
    Saya ingin tau apakah saudara yang punya tulisan tersebut diatas dari kaum Ahlussunnah waljamaah, kalau…kalau anda dari kaum ahlussunnah waljamaah, saya mohon sebelum anda menulis artikel – artikel hukum islam, ada baiknya anda pergi mengaji dulu kitap-kitap yang sesuai dengan ahlussunnah waljamaah, karna hukum dalam islam tidak bisa dimasukkan secara logika, sepert yang anda tulis rukun shalat 14, berarti sungguh anda tidak mengerti maksud dari keterangan rukun shalat yang sebenarnya 13 yang dibagi 3 dan uraian seterusnya, karna bila salah menentukan hukum, tidak sesuai dengan yang ditentukan maka MURTAD jadinya, sekali lagi komentar saya ini bila anda dari kaum ahlussunnah waljamaah, tapi bila anda dari kaum lain terserah anda, mudah-mudahan dibuka pintu hidayah untuk kita semua…wasalam…

    • Waalaikumsalam Wr Wb,
      Trimakasih koreksinya, kami memang ” ahlussunnah waljamaah” tapi mungkin ada kesalahan dari redaksi kami, menulskan bahwa rukun shalat ada 14, pada kenyataanya dalam safinah terdapat 17 Rukun shalat. dan saya telah mengupdate artikel tersebut.

      Semoga bermanfaat.

  2. ass,saya merasa bertrimakasih kpd anda krn dengan adanya website ini saya merasa terbantu akan kekuranagan dalam bidang ilmu agama islam,cuma saya minta setiap ngasih keterangan alangkah baiknya dibawahnya dikasih tau sumbernya dari kitab apa,trima kasih

  3. Assalau’alaikum warohmah

    Yth : Admin dan Farezi…

    Mohon maaf yang sebesar-besarnya mengiring permulaan komentar saya…

    Rukun Sholat ada pendapat yang mengatakan 13 dan ada pendapat yang mengatakan 17. Kedua-duanya Ahlus sunnah wal jama’ah. Yang dirangkum menjadi 3 bagian, yaitu rukun fi’li, qouli dan qolbi, dan ada pendapat yang menambahkan menjadi 4 bagian yaitu rukun ma’nawi.

    Perbedaan jumlah 13 dan 17 adalah terletak pada “TUMA’NINAH”. Bagi yang berpendapat jumlah rukun ada 17, tuma’ninah dijadikan ke dalam rukun, sedangkan bagi yang berpendapat 13, tuma’ninah di jadikan menjadi syarat sah dalam ruku’, i’tidal, sujud dan duduk antara 2 sujud. (Sarah Kitab Sulamut Taufiq).

    Alhamdulillah kita hidup dengan saling mengingatkan.

    Wallohu a’lam

    • Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh,

      Trimakasih telah mengingatkan, Sumber dari agama islam ada 4, termasuk Al Quran, Hadist, Istihaz .. selama mengambil keterangan dari sumber tersebut dan tidak menyimpang dari syariat yang inti.

      Semoga diskusi ini jadi berkah, bagi kita sendiri ataupun bagi pembaca lainya.

      Aamiin

  4. Kepada farezi meskipun sampean ahlussunnah waljama’ah, masa seperti tu cara yg tepat utk memperbaiki suatu problem…

    Menurut saya pribadi tu bagus banget karna lebih terperinci dan tu ug sudah benar…

  5. Assalamu’alaikum

    Ma’af saya pendatang baru mdh2n mndptkn ‘ilmu yg brmanpa’at
    Sngat bermanpa’at sekali mdh2n trus brlnjut.amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here