KANDUNGAN KITAB ALLAH

1
89543

kitab

Seperti yang telah diketahui bahwa dalam Islam mengenal beberapa kitab Allah mulai dari kitab Zabur, Taurat, Injil dan Al-Quran. Masing–masing kitab mempunyai isi kandungan yang sama.

1. Kandungan dalam kitab Zabur

Kitab Zabur merupakan kitab yang diwahyukan kepada Nabi Daud as. Isi yang terkandung dalam kitab zabur adalah ajaran tauhid yang mengagungkan Allah swt serta memuat hukum-hukum ibadah dan mu’amalah.

2. Kandungan dalam kitab Taurat

Kitab taurat adalah kitab yang diwahyukan kepada Nabi Musa as. isi kandungan dari kitab taurat adalah tentang hikmah dan kebenaran bagi setiap umat yang menerimanya. Isi pokok dalam kitab taurat adalah mengajarkan tentang keesaan Allah swt, tata cara beribadah kepada Allah dan ajaran tentang aturan kehidupan dalam masyarakat. Dalam kitab taurat menjelaskan bagaimana kita harus beribadah hanya kepada Allah swt dengan cara-cara yang telah ditentukan. Pada zaman umat Nabi Musa diperintahkan beribadah pada hari Sabtu.

3. Kandungan dalam kitab Injil

Kitab Injil merupakan kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa as. Isi kandungan dari kitab Injil adalah tentang ketauhidan. Dijelaskan bahwa Allah itu satu, tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan dijelaskan pula bahwa Nabi Isa bukanlah anak Allah bersama maryam (ibu Nabi Isa), melainkan hamba Allah swt. Banyak yang berkeyakinan bahwa dari nabi Isa adalah anak Allah. Injil menjelaskan hukum-hukum Allah baik yang halal maupun yang haram dan juga membenarkan kandungan yang ada dalam kitab-kitab sebelumnya.

4. Kandungan dalam kitab Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Kitab Al-Quran juga merupakan kitab penyempurna kitab-kitab sebelumnya. Dalam Al-Quran dijelaskan tentang ketauhidan, ibadah dan tata caranya, pergaulan sesama manusia, sesuatu yang haq dan yang batil, alam ghaib yang tidak dapat dibayangkan oleh manusia, penjelasan tentang umat sebelumnya dan yang akan datang, kabar gembira bagi yang menjalankan perintahNya dan peringatan kepada umat yang melanggar perintahNya.

Sebagai umat yang shaleh sudah seharunya kita dapat menjalankan semua yanga ada pada kandungan kitab-kitab tersebut, terutama kitab yang dijadikan pedoman umat Islam saat ini, yaitu kitab Al-Quran.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

BAGIKAN
Berita sebelumyaAKHLAK TERPUJI
Berita berikutnyaKejadian Luar Biasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here