1. apa yang dimaksud dengan hadist shahih? hadis shahih ialah hadis yang bersambung sanadnya dan diriwayatkan oleh rowi yang adil.
2. apa yang dimaksud dengan hadist masyhur? hadist mashur yaitu hadist yang diriwayatkan oleh tiga orang atau lebih dan belum mencapai derajat mutawwatir.
3. apa yang dimaksud dengan hadist dhaif? hadist dhaif ialah hadist yang kehilangan satu syarat atau lebih dari kebanyakan syarat – syarat hadist shahih dan hadist hasan,
4. apa yang dimaksud dengan hadist maudhu? hadist maudhu adalah hadist yang di tolak karena rowinya berdusta.
5. apa yang di maksud dengan musnid? musnid adalah orang yang meriwayatkan hadist dengan menggunakan isnadnya.
6. apa yang dimaksud dengan hadist ahad? yaitu hadist yaang jumlah rowinya, tidak mencapai hadist mutawwatir.
apa yang dimaksud dengan hadis mursal ? yaitu hadist yang rowinya gugur pada tingkat sahabat atau hadis yang diriwayatkan oleh tabiin langsung dari rasulloh.
7. apa yang dimaksud dengan hadist mutawwatir ? hadis mutawatir ialah hadist yang ditangkap oleh panca indra yang diriwayatkan oleh perowi yang jujur.
8. apa yang dimaksud dengan hadit diroyah ? adalah ilmu yang berguna untuk mengetahui hal ikhwal rowi, dan matan yang diriwayatkan, dari segi makbul dan mardudnya, seta masalah yang berkaitan dengannya dari segi kesabaran dan kedlobidan.
9. apa yang dimaksud dengan hadis riwayah ? ialah ungkapan dari penukilan, dan pemeliharaan apa-apa yang disandarkan kepadanabi muhammad saw baik berupa perkataan, perbuatan, penetapan atau sifat. dengan ilmu ini, apa-apa yang dinisbatkan kepada nabi saw dapat di bedakan dengan yangbukan yang berasal dari beliau, kemudian dimungkinkan mengetahui hal-hal tersebut, dan lalu mengikutinya.
10. ada berapa pembagian dhobit? dhobit terbagi dua yaitu dhobit fuad dan dhobit kitab, dobit fuad ialah seseorang yang hafal terhadap apa yang didengarnyadengan hafalan yang sempurna, yaitu yag sekiranya ia masih mampu disuruh menghadirkannya kapan saja. yang kedua dhobit kitab ialah yaitu seseorang yang memelihara hadist dengan baik berdasarkan apa yang telah ditetapkan kepada gurunya didalam kitabnya, maka tidak diampuni bagi siapapun merubah atau mengganti apa yang ada dalam kitab.
semoga bermanfaat bagi kita semua, amin yarraabal alamin..

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Kategori: Agama