Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Tahajud

38
120949

sholat-tahajud

Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Tahajud adalah sebagai berikut. Menurut keterangan yang sahih, saat ijabah (dikabulkannya do’a) itu adalah 1/3 malam yang terakhir. Abu Muslim bertanya kepada sahabat Abu Dzar : “ Diwaktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?”

Sahabat Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.” Rosulullah SAW bersabda :

“Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)

Sering terbersit bahwa waktu menjelang shubuh adalah waktu yang tak bisa digunakan untuk shalat Tahajud, padahal waktu itu termasuk kepada Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Tahajud . Jadi,  mulailah dari sekarang untuk menyempatkan waktu menjelang shalat shubuhnya untuk melaksanakan shalat tahjud, daripada bangun menjelang melaksanakan shalat shubuh eh malah nyalain  TV. Jadi, mulai dari sekarang kenalilah Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Tahajud sekarang juga.

Nabi SAW bersabda lagi :

“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )

ucapan yang patut kita lontarkan adalah “LUAR BIASA” karena apa? Karena Allah SWT yang maha Agung menyempatkan waktunya untuk lebih memperhatikan hambanya di sepertiga malam. Jadi, marilah semua dari kita mengerjakan shalat Tahajud di Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Tahajud agar hidup selamat, bahagia dunia dan akhirat. Amiin..

Jumlah Raka’at Shalat Tahajud :

Paling sedikit jumlah shalat Tahajud adalah 3 rakaat (2 ( dua ) raka’at Tahajud + 1 rakaat (shalat witir). Yang paling utama kita kerjakan adalah 11 ( sebelas ) raka’at, dengan 8 ( delapan ) raka’at shalat Tahajud dan 3 (rakaat) shalat witir. Cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri dengan menucapkan salam. Dan sebagaimana Rosulullah SAW menerangkan bahwa:“ Sholat malam itu, dua-dua.” yang diriwayatkan oleh Ahmad, Bukhari dan Muslim. Tetapi tidak dilarang untuk mengerjakan shalat Tahajud per empat rakaat seperti shalat malam yang dikerjakan di bulan Ramadhan (Tarawih).

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

BAGIKAN
Berita sebelumyaShalat Tahajud
Berita berikutnyaKeutamaan Shalat Tahajud

38 KOMENTAR

    • InsyaAllah sangat baik, jam 2 memasuki jm 3 pagi adalah sepertiga malam, seperti jaanji Allah tentang keutamaan qiamulail/shalat malam.

    • Shalat tahajud adalah bagian darai qimu lail atau shalat malam.
      waktunya berkisar antara sesudah shalat isya dan sebelum subuh.

      Alangkah baiknya jika tidur dulu, dan terbangun di tengah malam untuh shalat malam.
      jam 1 malam juga termasuk waktu yang baik untuk tahajud.
      tapi pada keterangan lain, waktu 1/4 malam adalah waktu yang sangat baik untuk shalat malam dan berdoa.

      Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwasannya Nabi bersabda: “Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepada-Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar” (HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no. 758)

      Semoga bermanfaat

  1. Ass… kaa aq mw tanya.. saat terawih bln ramadhan selalu solatnya di akhiri dgn witir. Lalu bagaimana untuk solat tahujudnyaa?? Dilakukan saat kpn?? Sementara witir sdh d lakukan saat terawih.
    Thx..

  2. waktu yg diutamakan, sholat wajib maupun sholat sunnah .. jika kita mengerjakan tepat pada waktunya insyallah kita mendapat nilai yg sempurna .. ijabah atau tidak diijabah do’a kita itu dilihat dari diri kita sendiri, kesungguhan kita .. jika Allah belum mengabulkan bukan berarti Allah tidak mencintai kita, tp memang belum waktunya ..
    sama seperti ada orang ngamen main gitar, kalo suara jelek langsung aja kasik atau bilang maaf, tp kalo suara kita bagus, Allah akan mendengarkan kita sampe lagu selesai kalo perlu kita suruh nyanyi lagi, dan diberi lebih besar lagi .. terima kasih ..

  3. Asalamualaikum mohon penjelasan bahwa bumi adalah bulat setiap saat di bumi ini pasti ada 1/3 malam terakhirnya karena terus bergantian menuju pagi. Tetapi diterangkan bahwa Allah turun ke bumi, kalau begitu sepanjang waktu Allah turun ke bumi mohon penjelasannya

    • Waalaikumsalam wr wb,
      1/3 malam itu di belahan bumi di mana anda berada, hukumnya seperti adzan, waktu setempat, 1/3 malam itu sekitar puku 02:00-04:00 .
      dan pada waktu waktu itu adalah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri pada ALlah dan berdoa.

      • Maksud mas danang, jadi apakah sebetulnya Allah itu ada trs di langit bumi? Kan soalnya 1/3 malam itu pada ada trs hanya tempatnya saja yg berbeda2 karena bumi itu bulat. Terima kasih

    • Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh,

      Trimakasih atas pertanyaanya, di satu keterangan di sebutkan bahwa Allah bersikap wujud atau ada, namun di sisi lain bahwa Allah tidak dapat disamakan dengan makhluknya yang ketika ada di suatu tempat maka di tempat lain tidak ada. Allah itu maha tahu, maha kuasa.
      “Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Allah” (QS. Asy Syura: 11)

      di jelaskan juga dalam Qs
      “Allah Yang Maha Pemurah bersemayam di atas Arsy” (QS. Thaha: 5)

      dalam ayat lain diterangkan pula
      “Allah bersamamu di mana pun kau berada” (QS. Al Hadid: 4)
      “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita” (QS. Taubah: 40)

      Dalam beberapa ayat di atas terdapat posisi, namun kadang dalam artinya tersirat makna bahwa rahmatnya lah yang berada di sekitar kita,

      Dalam hadis di terangkan pula :
      “Rasulullah SAW ditanya tentang kapan doa yang paling didengar (oleh Allah), maka beliau bersabda: “Tengah malam terakhir dan setelah sholat-sholat yang diwajibkan.” (HR At Tirmidzi)

      “Sesungguhnya di malam hari ada satu saat (yang mustajab), tidak ada seorang muslim pun yang bertepatan pada waktu itu meminta kepada Allah kebaikan urusan dunia dan akhirat melainkan Allah pasti memberi kepadanya.” (HR Muslim)

      Semoga bermanfaat.

  4. Assalamualaykum. Kata guru saya, nulis Alloh ataupun Allah gk masalah yg penting saat dibaca nya harus benar Walaykumsalam

  5. Mau tanya, kan bumi itu bulat, pasti setiap saat di bumi ini ada 1/3 malam terakhir. Hanya tempatnya saja yg berbeda. Nah tadi di jelaskan bahwa Allah turun ke langit bumi di 1/3 malam terakhir. Kalau begitu berarti sesungguhnya Allah itu ada trs di langit bumi?

  6. Kak,saya masih binggung solat tahajud itu lebih baik 1/3 malam jm 2-3 atau jam 2-4 bisa tolong dijelasin kak pakek perintah alquran dan 1/3 malam itu gmana kak ak blm dong .. dan jika lebih sepertiga malam itu apa bz? Tolong dijelasin ya kak makasih .Semoga ilmu kakak bermanfaat amin

  7. Assalamu’alaikum
    Sekarang kan Shubuh jam setengah 5, nah kalo shalatnya jam 4 lebih boleh tidak?

  8. assalamualaikum. sya mw tnya lw shalat tahjjudnya g tdr dlu blh gk. tkut lw tdr dlu ktrusan mpe sbuh baru bamgung. gmna tu???

  9. Assalamualaikum wr.wb
    Kalau melaksankan sholat tahajjud nya 2 rakaat dan
    Sholat witirnya 3 rakaat kira kira boleh tidak ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here