Tiada malam yang lebih indah penuh berkah dan karomah sejak dunia dan alam semesta ini diciptakan oleh Allah SWT selain malam lailatul Qadar, suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan dan menjadi sebuah keistimewaan sekaligus hadiah dari Allah SWT bagi umat Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan pernah suatu ketika ada seorang bani Israil yang mana dia selalu taat beribadah shalat, puasa, zakat dan semua peribadahan dia kerjakan  sampai seribu malam akan tetapi semua itu masih kurang dibandingkan dengan seorang umat Nabi Muhammad yang beribadah di malam Lailatul Qadar walaupun hanya satu malam. Keistimewaan malam Lailatul Qadar ini kenapa Allah SWT menghadiahkan kepada umat nabi Muhammad SAW, karena umat Nabi Muhammad SAW lebih sedikit umurnya akan tetapi lebih banyak dosanya dibandingkan umat nabi-nabi Allah SWT yang lainnya yang mempunyai umur yang panjang dan mempunyai peluang taubat yang lebih banyak.

Akan tetapi, tidak sepanjang tahun sebagai malam lailatul qadar karena hanya terdapat pada bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, dan juga tidak semua malam di Bulan Ramadhan adalah malam  lailatul qadar karena malam lailatul qadar Cuma satu malam yang istimewa di Bulan Ramadhan dan satu malam yang lebih mulia dalam satu tahun. Adapun tepatnya tanggal berapa malam lailatul qadar ini, belum ada kepastian dan tidak ada yang tahu karena nabi Muhammad SAW tidak memastikannya, hanya ada ciri-cirinya saja yang baginda Nabi Muhammad SAW pastikan, yaitu :

·         Berada pada sepuluh malam terakhir di Bulan Suci Ramadhan

·         Berada pada tanggal ganjil seperti tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29

·         Pada keesokan harinya setelah malam lailatul qadar sinar matahari tidak menyengat akan tetapi sangat menyejukkan.

Adapun alasan kenapa malam lailatul qadar ini lebih baik dari seribu bulan, yaitu :

·         Pada malam lailatul qadar berjuta-juta malaikat turun kedunia memintakan ampunan dan berdo’a bagi umat Nabi Muhammad SAW yang beribadah pada malam tersebut.

·         Allah SWT membukakan pintu rahmat dan magfirahnya.

·         Siapa orang yang beribadah pada malam lailatul qadar maka seumpama ibadah seribu malam.

Dan masih banyak lagi paedah –paedah pada malam lailatul qadar ini. Nabi Muhammad SAW bersabda “kalau saja umatku mengetahui dengan sebenarnya keistimewaan di Bulan suci Ramadhan, maka mereka akan menginginkan sepanjang tahun itu seperti Bulan Ramdhan”.

Kategori: Agama